Friday, June 3, 2011

Save Paper : Bisnis Daur Ulang Kertas Menguntungkan

Contoh hasil produk kertas daur ulang, sungguh kreatif bukan?


Koran dan kertas bekas menumpuk dirumah? Tentu Anda menjadi stress dan bingung untuk memanfaatkannya. Jangan khawatir jika di rumah Anda banyak kertas dan koran yang menumpuk. Anda dapat memanfaatkannya menjadi pernak-pernik yang cantik dan bernilai jual. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, Anda dapat mengubah tumpukan kertas dan koran bekas menjadi uang.

Kertas merupakan bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Peluang bisnis kertas daur ulang ini menarik karena dapat dilakukan oleh siapa saja dan membutuhkan modal yang kecil. Anda dapat menggunakan alat-alat yang ada di sekitar Anda. Ternyata tidak banyak orang yang tahu bahwa  kerajinan kertas daur ulang dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

Semakin bertambah penduduk maka akan semakin banyak sampah kertas yang dihasilkan. Dari pada sampah kertas hanya dibuang begitu saja, Anda dapat memanfaatkannya untuk menambah penghasilan. Pemanfaatan sampah kertas ini dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan menggunakan bahan-bahan di sekitar kita. Pemanfaatan sampah kertas ini juga salah satu bentuk dukungan untuk mengurangi sampah di dunia.

Nah bagaimana dengan hitung-hitungan ekonominya? Seperti dikutip  dari situs Bisnis UKM  Dalam 1 kg kertas bekas menghasilkan 600 gram kertas daur ulang. Berat rata-rata 1 lembar kertas ukuran folio adalah 6 gram sehingga dapat menghasilkan 100 lembar kertas daur ulang. Harga per lembar kertas daur ulang ini dibandrol 500 rupiah.  Kertas daur ulang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan notes,  bingkai foto, kartu ucapan, souvenir dan lain-lain.

Jika kertas daur ulang misalnya  kita gunakan untuk  usaha pembuatan bingkai foto sebanyak 500 buah. Maka biaya poduksi yang kita keluarkan tak lebih dari 110 ribu rupiah. Biaya tersebut dihabiskan untuk pembelian kertas karton 10 lembar, kertas daur ulang 125 lembar, lem dan bunga kering.  Nah bagaimana dengan keuntungan yang akan diraih? Jika bingkai foto dijual perbuahnya sebesar Rp 2000 maka hasil penjualan mencapai 1 juta rupiah. Dengan demikian keuntungan yang akan diraih lebih dari Rp 800 ribu rupiah. Menarik bukan untuk dicoba?

No comments:

Post a Comment